My Photography Story

Selain membaca, aku juga sangat menyukai fotografi. In my humble opinion, hanya dengan foto, sebuah momen dapat terekam dan dimunculkan kembali dengan baik.

Fotografi juga membantuku untuk melihat yang terbaik dari suatu hal dari segala sisi. Sementara kecenderungan orang, melihat satu hal dari satu sisi saja. Entah sisi yang paling menyenangkan mereka, atau sebaliknya sisi yang paling merugikan. Kebanyakan orang lupa setiap hal selalu memiliki 2 sisi: baik/buruk, +/-.

Pemahamanku akan hal tersebut terasah juga dengan fotografi. Hmm.. Sebenarnya, aku baru saja mulai aktif kembali di fotografi setelah aku memiliki sebuah kamera DSLR. Kurang dari 1 tahun. Sebelumnya, aku samasekali tidak memegang kamera sejak sekitar tahun 2002.  Kebetulan, itu adalah masa-masa peralihan dari dunia fotografi analog ke digital.

Kepadatan kerja, meningkatnya harga film dan kegamangan untuk mempelajari kamera digital mendorongku jauh dari dunia fotografi. Thanks untuk sobatku, Budi Santoso, rekan kerja saat bertugas di Sonora Surabaya, akhirnya aku kembali juga ke dunia fotografi. Beliau-lah yang memperkenalkan aku secara akrab dengan kamera DSLR milik beliau berikut fitur-fiturnya, yang ternyata tidak sesulit dan serumit yang aku bayangkan. Selanjutnya, mulailah aku membiasakan diri menggunakan kamera DSLR-ku dan akhirnya akrab hingga sekarang.

Sebenarnya sih.. Masih terkesan juga saat-saat kamera masih analog, atau gampangnya masih pakai film. Dulu rasanya gimana gitu, nenteng-nenteng kamera SLR.  Kalau sekarang, rasa-rasanya hampir semua orang menenteng DSLR karena kemudahan pengoperasian dan biaya yang relatif makin terjangkau. Ah! Itu bukan masalah! Aku hanya terbawa oleh romantika masa lalu yang samasekali tidak penting. Yuk! Kita giatkan masyarakat gemar fotografi! Oiya, peminat fotografi bisa juga gabung grup Sonora Photo Club di Facebook yang kebetulan aku moderasi. See you there!

Kamera dan Lensa yang pernah dan masih menemaniku menangkap momen-momen yang mengesankan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s