Cek Tensi Harus di Kedua Lengan

Baru aja baca artikel di Kompas.com, aku baru tau kalo cek tensi darah sebaiknya di kedua tangan. Perbedaan tekanan darah antara tangan kanan dan tangan kiri ternyata bisa mengindikasikan masalah kesehatan yang serius. Lebih lengkap lagi, silahkan buka link ini: m.kompas.com/health/read/2012/01/30/16522271/Ukur.Tensi.Harus.di.Kedua.Lengan.

Hmmm… Aku jadi inget kalo terakhir aku donor darah sudah lebih dari 6 bulan lalu. Donor darah buatku bukanlah untuk membantu sesama, melainkan lebih sebagai cara sederhana dan mudah serta gratis (dapat pahala pula katanya) untuk mengetahui kondisi badanku.

Selain tensi, aku juga tahu tingkat HB dalam darahku. Selain itu, jika ada penyakit serius seperti Hepatitis, pihak PMI akan memberitahuku, segera setelah pemeriksaan darahku muncul hasilnya. Puji Tuhan, sejak pertama kali hingga sekitar 40 kali berdonor, aku belum pernah dapat kabar yang mengejutkan.

Oh, pernah sekali sih. Tepatnya waktu periksa tensi sekitar bulan Oktober 2007, atau 4 bulan setelah bertugas di Surabaya. Waktu itu, Dokter yang mengukur tensiku berpesan: “Hati-hati Mas, tensinya 140 lebih”.

My God! Sebelum bertugas di Surabaya, tensiku sangat jarang melampaui 110, maksimal 120.  Hanya butuh 4 bulan tinggal di Surabaya untuk bikin tensi tinggi. Makanya, hati-hati kalau mau ke Surabaya untuk waktu yang relatif panjang. Hehehe… Abaikan omongan ngaco-ku terakhir itu. Jaga makanan, pikiran, cukupkan istirahat dan berolahraga, rasa-rasanya dimanapun juga tidak akan masalah.

Kembali soal cek tensi di kedua lengan tangan. Sebenarnya itu adalah juga “petunjuk” bagi kita untuk melihat suatu hal dari segala sisi. Melihat hanya dari satu sisi akan cenderung menyesatkan, tidak valid dan bisa bikin tensi tinggi pula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s