Indonesia Disalip Myanmar?

Presiden Myanmar Thein Sein berkunjung ke Singapura untuk minta bantuan pakar sekaligus belajar soal keberhasilan Singapura mengelola urusan bisnis. Ini dilakukan untuk mendukung Myanmar yang sedang menggeliat (Kompas, 31/01/12).   Kompas juga menyebutkan, setelah lima dekade terakhir dikuasai militer, Myanmar telah berubah secara signifikan dan mengejutkan jika melihat proses percepatannya.

Aku jadi ingat bagaimana Cina juga seakan-akan, seolah-olah, sekejap saja berubah dari negara komunis yang tertinggal menjadi negara yang sangat powerful dan disegani oleh negara-negara di dunia.

Bagaimana dengan Indonesia? Yah.. bertanyalah pada diri sendiri, sudah bahagiakah kamu dengan kondisi Indonesia saat ini? Mungkin semua pihak berbahagia dengan kondisi Indonesia saat ini kecuali orang Indonesia sendiri.

Iyalah.. Setiap negara akan senang punya negara tetangga yang lemah, yang selalu ribut sendiri di dalam negerinya, yang warganya selalu berkonflik satu sama lain.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, jika kamu tidak puas dengan kondisi saat ini, lalu apa yang hendak kamu lakukan? Tetap mengeluh namun tak jua bertindak untuk mengubahnya ataukah segera tetapkan langkah-langkah perubahan?

Dalam kehidupan sehari-hari, di lingkungan keluarga, pergaulan dan pekerjaanpun, aku rasa kitapun sering menjumpai orang-orang yang mengeluhkan kondisi yang dihadapinya tapi tidak melakukan apapun juga untuk merubah kondisi yang ada.

Jika ada orang lain yang mencapai sebuah keberhasilan, yang bersangkutan bukannya belajar untuk kemudian mencapai keberhasilan yang serupa tetapi malah iri dan dengki semata.  Jika kebanyakan orang Indonesia memiliki sikap yang sama, maka tidak butuh waktu lama buat Myanmar untuk menyalip Indonesia.  Oiya, Indonesia sudah disalip Vietnam belum ya?

Myanmar President Thein Sein. Photographed by Stephen Morrison/AFP/Getty Images

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s