Setolol Itukah Kamu?

Hai Bro! Dah pernah lihat Forrest Gump (FG) donk? Lum pernah? Terlalu… FG adalah film drama Amerika tahun 1994, dan dibintangi oleh Tom Hanks ini, memenangkan 6 Oscar termasuk Film, Sutradara dan Aktor Terbaik. Biar kamu punya sedikit bayangan soal film ini, kamu bisa lihat sinopsisnya di: id.wikipedia.org/wiki/Forrest_Gump

FG’s one of my favourite movies. I can hardly remember how many times i watched this movie. Lebih dari 10 kali aku rasa. Film yang paling sering aku tonton, jauh lebih sering ketimbang Film favoritmu Bro: Tarzan XXX. Bener-bener FG adalah film yang wajib ditonton.

Dalam film itu, Tom Hanks dengan sangat baik berperan sebagai FG yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata, namun juga seorang tentara yang berani dan setia kawan, pengusaha yang sukses, anak yang berbakti pada orang tuanya (dia langsung terjun ke laut meninggalkan kapalnya dan berenang menuju daratan untuk menjumpai ibunya, sekejap setelah mendapat kabar kalau ibunya sakit kritis).

FG juga seorang atlit yang handal, Juara Dunia Ping Pong, dan pelari yang luar biasa. Dia berlari mengelilingi Amerika selama 3,5 tahun setelah ditinggal pergi kekasihnya Jenny (perempuan yang dicintai FG sejak kecil), pagi-pagi setelah mereka berhubungan intim. Hubungan itu ternyata membuahkan seorang anak laki-laki yang kemudian menjadikan  FG tidak saja seorang kekasih dan suami yang baik, namun juga seorang ayah yang luar biasa.

Lebih dari itu Bro, sungguh aku melihat FG adalah
manusia setengah dewa, yang aku ragu eksistensinya di kehidupan nyata. Sosok yang polos, luar biasa baiknya, sangat sederhana meski hartanya berlimpah. Oiya, selain membangun tempat ibadah, FG juga bersedia rutin membersihkan dan memotong rumput tanpa dibayar.

Kembali, sungguhkah ada manusia seperti itu dalam kehidupan sehari-hari kita. Aku ragu kamu pernah ketemu orang seperti FG Bro. Kerasnya kehidupan rasanya akan menelan bulat-bulat orang – orang seperti FG.

Aku orang yang realistik Bro, hanya saja sering aku berpikir apakah kita harus menjadi seseorang seperti FG , yang memiliki kecerdasan jauh di bawah rata-rata (IQ-nya 75) untuk menjadi pribadi yang mulia?

Kita terbiasa membenci ketimbang mengasihi, menindas ketimbang melindungi, meminta dan mencuri ketimbang memberi. Kita adalah manusia-manusia pragmatis, yang hanya berpikir kepentingan dan keuntungannya sendiri dalam waktu sesingkat-singkatnya. Kita, kamu dan aku Bro, tidak cukup punya waktu untuk hal-hal beginian: jujur dan peduli terhadap sesama tanpa memandang latar belakangnya.

Kita jelas bukan dan bertolak belakang dengan Forrest Gump. Dunia jelas akan lebih baik tanpa kita.

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s