Makin Tua, Makin Jadi..

Seperti baru kemarin saja, aku bergabung dengan Radio Sonora FM 92.0 Jakarta, yang bernaung di bawah Kompas Gramedia. Aku bergabung sejak pertengahan 2002, sementara Radio Sonora Jakarta tepat berulang tahun ke-40 pada tanggal 8 Agustus 2012. Bisa dibilang, hingga saat ini aku hanya mengikuti seperempat perjalanan Radio Sonora Jakarta.

Seperempat perjalanan yang “mudah” karena saat aku bergabung, Radio Sonora Jakarta sudah merupakan induk dari Jaringan Radio yang terkuat di Indonesia, tidak saja dari sebarannya, namun juga dari sisi kekuatan finansialnya. Apalagi kini, jaringan Radio Sonora telah berkembang menjadi 18 radio di 15 kota dan terus berkembang.

Bicara soal Radio Sonora, bagiku tidak akan lepas dari unsur sentimentil. Sonora sudah mewujudkan keinginanku di masa kecil dan masa kuliah. Saat aku masih siswa SMP, aku pernah berkeinginan untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri tanpa uang sendiri. Keinginan itu terwujud ketika aku bekerja di Radio Sonora.

Ketika aku kuliah, aku juga berkeinginan untuk sekolah lagi dengan biaya perusahaan karena aku merasa jurusan yang aku pilih waktu itu tidak sepenuhnya sesuai harapanku. Sonora pula yang mewujudkan keinginanku itu. Bukan sebuah perusahaan penanaman modal asing tempatku bekerja sebelumnya dan bukan pula satu perusahaan media sebelumnya lagi.

Sebagian besar dari kita pun pasti juga memiliki unsur-unsur sentimentil. Unsur-unsur yang membuat kita melakukan sesuatu tanpa sekedar memperhitungkan besar-kecilnya gaji, berat-ringannya pekerjaan, lengkap tidaknya fasilitas yang kita terima. Pun demikian denganku.

Sisi lain, unsur-unsur sentimentil itu, membuatku memiliki harapan yang sangat besar. Harapan yang mungkin lebih besar daripada sahabat-sahabatku yang lain, yang tidak atau kurang memiliki unsur-unsur sentimentil sebagaimana aku.

Aku sangat berharap bahwa Sonora akan terus berkembang menjadi radio yang paling berkemampuan untuk memenuhi harapan pendengar dan pengiklan yang menjadi sasaran kami. Namun, sebelum itu, aku rasa sebuah perusahaan hanya dapat terus berkembang jika individu-individu di dalamnya juga terus berkembang, tidak saja dari sisi kuantitas, namun juga dari sisi kualitas.

Kualitas-kualitas individu yang selaras dengan nilai-nilai keutamaan Kompas Gramedia yang menjadi acuan kami, karyawan-karyawan Kompas Gramedia dalam bersikap dan berperilaku.

Adapun Nilai-nilai Keutamaan Kompas Gramedia adalah:
1. Caring, Peduli terhadap sesama manusia
Menghargai manusia, tanggung jawab sosial, cross cultural.

2. Credible, berintegritas.
Jujur, berwatak baik, loyal, bertanggung jawab, transparan dan beretika bersih.

3. Competence, berpengetahuan, berkemampuan dan berkemauan.
Berorientasi pada kinerja yang terbaik dan pengembangan diri, menggunakan sumber daya secara optimal, efisien, efektif, sinergi/teamwork.

4. Competitive, Berdaya Saing
Berani ambil resiko, open mind, inovatif, ikuti perkembangan teknologi, speed, akseleratif.

5. Customer Delight, berorientasi pada Kebahagiaan Pelanggan
Berorientasi pada penyediaan layanan dan produk sesuai kebutuhan pelanggan, fleksibel.

Nilai-nilai keutamaan itu mestinya menjadi “Pancasila”, menjadi pandangan dan pegangan hidup setiap organisasi dan individu di dalam lingkungan Kompas Gramedia. Itulah nilai-nilai yang dikeyakini sebagai alasan keberadaan setiap organisme dalam Kompas Gramedia, termasuk Sonora.

Tanpa nilai-nilai itu, tiada artinya menjadi yang terbesar, yang terkuat. Kita dengan cepat akan menjadi sebuah kapal yang kehilangan arah sebelum kemudian terombang-ambing dan terhempas ke dalam keterpurukan.

Aku percaya bahwa Sonora bisa bertahan hingga 40 tahun adalah karena kepercayaan terhadap kami. Kepercayaan dari pendengar dan pengiklan bahwa kami masih memenuhi kebutuhan mereka. Aku berharap kami masih bisa terus bisa bertahan dan berkembang serta memenuhi dan bahkan melampaui harapan pelanggan kami dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keutamaan Kompas Gramedia.

Jika manusia semakin lemah seiring pertambahan usia, maka bolehlah, atas Berkat dan Rahmat Ilahi, Radio Sonora FM 92.0 Jakarta dan jaringan radionya jika semakin tua, justru makin “JADI”.

Selamat Ulang Tahun Radio Sonora FM 92.0 Jakarta! For forty years we have been surfing the sky and will always surf the sky to serve you!

One response to “Makin Tua, Makin Jadi..

  1. core value yg sangat bagus utk menjadi culture di tubuh organisasi Sonora. Tentu bukan hanya melekat di tubuh perusahaan / organisasi atau brand besar Sonora, melainkan budaya yg melekat di tubuh masing2 jiwa yg bergerak n berkontribusi di dalamnya.
    Tidak akan heran jika tumbuh pribadi2 “Kristo” yg siap untuk mengusung perusahaan menuju pencapaian harapan bersama.. Menuju kemajuan n keberjayaan sepanjang masa.

    Congratulatulation bro..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s